PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

1)  PERANGKAT INPUT

Adalah perangkat yang digunakan memasukkan data-data dan memberikan perintah pada komputer untuk dgunakan pada proses lebih lanjut. Merupakan bagian dari hardware komputer. Perangkat input:
a. Keyboard
 
  merupakan uit paling penting dalam suatu pengolahan data komputer. Berfungsi memasukkan huruf,angka,karakter khusus, serta sebagai media bagi user(pengguna) untuk melakukan perintah lainnya yang diperlukan(menyimpan file dan membuka file). Jenis port keyboard:port serial,ps2,usb dan wireless.jenis-jenis keyboard:1. QWERTY(sekarang digunkan),2. DVORAK, 3. KLOCKENBERG. 4 bagian QWERTY antara lain:
  • Typewriter key
  • Numeric key
  • Function key
  • Special function key
 b.  Mouse 
 
Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat dan dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.  mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana
letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)  penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil geser mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. 
c.Touchpad 
 
  digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.  Light  Pen 

  Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang  kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.  Joy Stick(berbentuk tongkat)  dan Games Paddle (berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.)
 
f.Barcode
 
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
g. Scanner 

  Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
h.Camera Digital 
 
i.Mikrofon 
 
  Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
j.  Graphics Pads 

  Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Ada 2 jenis:Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. 

2.. PERANGKAT OUTPUT
merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Beberapa perangkat output antara lain :
a.Monitor (piranti display)
 
Istilah berikut ini memiliki kaitan erat dengan monitor. 
  •  Pixels 
Elemen gambar. Tampilan layar terdiri dari pixel atau titik kecil. Pixel diatur dalam baris melewati layar. Tiap pixel mengandung tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).
  •  Dot Pitch 
Ukuran seberapa dekat titik fosfor dalam layar. Semakin bagus dot pitch-nya maka kualitas tampilan akan lebih baik. Kebanyakan monitor sekarang ini hanya memiliki 0.25 dot pitch.  Beberapa memiliki 0.22 dot pitch yang memberikan resolusi yang bagus. 
  • Refresh Rate
Tingkat tampilan layar direfresh. Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz) berarti per detik. Semakin tinggi refresh rate, maka tampilan layar akan semakin stabil. Kelihatannya akan seperti gambar diam padahal sebenarnya selalu berkedip tiap kali elektron menabrak dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate juga dinamakan frekuansi vertikal atau refresh rate vertikal. 
  • Color Depth 
Nomer untuk warna yang berbeda dalam tiap pixel dapat ditampilkan. Hal ini diukur dalam bit. Semakin tinggi kedalamannya, maka semakin banyak warna yang dapat dihasilkan.
  •  Video RAM (VRAM) 
Memori yang dimiliki oleh kartu video. Semakin tinggi VRAM dalam kartu video, maka semakin banyak warna yang bisa ditampilkan. Kartu video juga mengirimkan sinyal refresh untuk mengontrol refresh rate.
  • Resolution 
Bervariasi tergantung nomer pixelnya. Semakin banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam. Resolusi layar terendah dalam PC modern adalah 640 x 480 pixel yang dinamakan Video Graphic Array (VGA). Kini sudah hadir Super Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics Array (XGA) dengan resolusi mencapai 1600 x 1200.
  •   Monitor screen sizes 
Diukur dalam inci. Ukuran yang paling umum adalah 14”, 15”, 17” 19” dan 21”, dihitung diagonal. Perhatikan bahwa ukuran yang tampak sebenarnya lebih kecil dari ukuran yang dihitung. Hal ini dapat diingat ketika akan mencari layar monitor untuk komputer.
  •   Display Warna 
Warna diciptakan dengan mengubah-ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar. 24 dan 32 bit biasanya merupakan pilihan untuk seniman grafis dan fotografer profesional. Untuk aplikasi yang lainnya, warna 16 bit akan sudah mencukupi. Dibawah ini merupakan rangkuman dari kedalaman warna yang sering digunakan:
  1. 256 warna – 8-bit warna 
  2. 65,536 warna  – 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K or HiColor 
  3. 16 million warna  – 24-bit warna, juga dikenal sebagai True Color 
  4. 4 billion warna  – 32-bit warna, juga dikenal sebagai True Color 
b. Printer 

  Printer adalah perangkat  output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci.Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :
1. Dot Matrik, printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer, printer jenis menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter.
c.  Speaker 

  Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara.
d.  Proyektor 

  Infocus atau  juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi.
e.  Plotter 

Plotter adalah media cetak seperti  printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengamanan Data pada Aplikasi Web

SISTEM KOMPUTER KELAS XI

Ketergantungan fungsional