PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
1) PERANGKAT INPUT
Adalah
perangkat yang digunakan memasukkan data-data dan memberikan perintah pada
komputer untuk dgunakan pada proses lebih lanjut. Merupakan bagian dari
hardware komputer. Perangkat input:
a. Keyboard
merupakan uit paling penting dalam suatu
pengolahan data komputer. Berfungsi memasukkan huruf,angka,karakter khusus,
serta sebagai media bagi user(pengguna) untuk melakukan perintah lainnya yang
diperlukan(menyimpan file dan membuka file). Jenis port keyboard:port
serial,ps2,usb dan wireless.jenis-jenis keyboard:1. QWERTY(sekarang
digunkan),2. DVORAK, 3. KLOCKENBERG. 4 bagian QWERTY antara lain:
- Typewriter key
- Numeric key
- Function key
- Special function key
Fungsinya
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat dan dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol
yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. mouse dilengkapi pula dengan tombol
penggulung (scroll), dimana
letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) penekanan ini akan berfungsi
bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. menggeser (drag) yaitu menekan
tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil geser mengakibatkan objek
akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan
tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan
klik kanan (right click). beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.
c.Touchpad
digunakan
sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang
sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam
sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.
Joy Stick(berbentuk
tongkat) dan Games Paddle (berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.)
f.Barcode
Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memori komputer.
h.Camera Digital
i.Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau
memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat
membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan
Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor. Ada 2 jenis:Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan
ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan
tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive
membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan
menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch
sensitive pad) tanpa menggunakan jarum.
2.. PERANGKAT OUTPUT
merupakan perangkat keras komputer
yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan
oleh komputer untuk pengguna. Beberapa perangkat output antara lain :
a.Monitor
(piranti display)
Istilah berikut ini memiliki kaitan
erat dengan monitor.
- Pixels
Elemen gambar. Tampilan layar
terdiri dari pixel atau titik kecil. Pixel diatur dalam baris melewati layar.
Tiap pixel mengandung tiga warna, yaitu merah, hijau dan biru (RGB).
- Dot Pitch
Ukuran seberapa dekat titik fosfor
dalam layar. Semakin bagus dot pitch-nya maka kualitas tampilan akan lebih
baik. Kebanyakan monitor sekarang ini hanya memiliki 0.25 dot pitch. Beberapa memiliki 0.22 dot pitch yang
memberikan resolusi yang bagus.
- Refresh Rate
Tingkat tampilan layar direfresh.
Refresh rate dihitung dalam hertz (Hz) berarti per detik. Semakin tinggi
refresh rate, maka tampilan layar akan semakin stabil. Kelihatannya akan
seperti gambar diam padahal sebenarnya selalu berkedip tiap kali elektron menabrak
dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate juga dinamakan frekuansi vertikal atau
refresh rate vertikal.
- Color Depth
Nomer untuk warna yang berbeda
dalam tiap pixel dapat ditampilkan. Hal ini diukur dalam bit. Semakin tinggi
kedalamannya, maka semakin banyak warna yang dapat dihasilkan.
- Video RAM (VRAM)
Memori yang dimiliki oleh kartu
video. Semakin tinggi VRAM dalam kartu video, maka semakin banyak warna yang
bisa ditampilkan. Kartu video juga mengirimkan sinyal refresh untuk mengontrol
refresh rate.
- Resolution
Bervariasi tergantung nomer
pixelnya. Semakin banyak pixel pada layar, resolusi akan semakin baik. Semakin
tinggi resolusi berarti gambar akan semakin tajam. Resolusi layar terendah
dalam PC modern adalah 640 x 480 pixel yang dinamakan Video Graphic Array
(VGA). Kini sudah hadir Super Video Graphics Array (SVGA) dan Extended Graphics
Array (XGA) dengan resolusi mencapai 1600 x 1200.
- Monitor screen sizes
Diukur dalam inci. Ukuran yang
paling umum adalah 14”, 15”, 17” 19” dan 21”, dihitung diagonal. Perhatikan
bahwa ukuran yang tampak sebenarnya lebih kecil dari ukuran yang dihitung. Hal
ini dapat diingat ketika akan mencari layar monitor untuk komputer.
- Display Warna
Warna diciptakan dengan
mengubah-ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar. 24 dan 32 bit biasanya
merupakan pilihan untuk seniman grafis dan fotografer profesional. Untuk
aplikasi yang lainnya, warna 16 bit akan sudah mencukupi. Dibawah ini merupakan
rangkuman dari kedalaman warna yang sering digunakan:
- 256 warna – 8-bit warna
- 65,536 warna – 16-bit warna, juga dikenal sebagai 65K or HiColor
- 16 million warna – 24-bit warna, juga dikenal sebagai True Color
- 4 billion warna – 32-bit warna, juga dikenal sebagai True Color
b. Printer
Printer
adalah perangkat output yang digunakan
untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Ketajaman
hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu
banyakknya titik dalam satu inci.Secara garis besarnya jenis-jenis printer
sebagai berikut :
1. Dot Matrik, printer jenis ini
menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, printer jenis ini
menggunakan tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer, printer jenis
menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter.
c.
Speaker
Speaker
adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara.
d.
Proyektor
Infocus
atau juga disebut proyektor merupakan
alat digunakan untuk presentasi.
e.
Plotter
Plotter adalah media cetak
seperti printer namun memiliki ukuran
yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.














Komentar
Posting Komentar